DIGITAL STORAGE

A. JENIS MEDIA PENYIMPANAN

jndtmu;oi;

Media penyimpanan terdiri dari dua jenis, yaitu :

1. Primary Storage (Penyimpanan Primer)

0-gskill1_thumb

Penyimpanan primer adalah jenis media penyimpanan yang memiliki ciri kecepatan akses yang lebih tinggi, kapasitas terbatas atau kecil, dapat diakses langsung oleh CPU, harga mahal dan merupakan memori utama.

2. Secondary Storage (Penyimpanan Sekunder)

7818123-assortred-digital-storage-devices-isolated-on-white-background-Stock-Photo

Penyimpanan sekunder adalah jenis media penyimpanan yang memiliki ciri tidak dapat diakses langsung oleh CPU (harus dicopi dahulu ke buffer memori), kecepatan akses lebih rendah, berharga lebih murah dan kapasitasnya besar.

 

B. DIGITAL STORAGE DAN CLOUD STORAGE

1. Digital Storage

 

3704610

Digital Storage pada sistem komputer adalah kata lain dari secondary storage yang memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan data dan sistem operasi.

Contoh dari digital storage adalah Floppy Disk, Flash Disk, Hard Disk, Optical Disk (Disk Optik) dan Memory Card.

2. Cloud Storage

13986622203_1feae75b41_o

Cloud Storage adalah sebuah teknologi penyimpanan data digital yang memanfaatkan adanya server virtual sebagai media penyimpanan. Tidak seperti media penyimpanan perangkat keras pada umumnya seperti CD atau hard disk, teknologi Cloud Storage tidak membutuhkan perangkat tambahan apapun. Yang diperlukan untuk mengakses file digital hanyalah perangkat komputer atau gadget yang telah dilengkapi layanan internet.

Secara umum ada tiga keunggulan teknologi Cloud Storage, diantaranya :

  • Skalabilitas, yaitu penggunaan Cloud Storage dapat disesuaikan dengan kebutuhan dari pengguna itu sendiri. Dengan penambahan perangkat keras, sebuah penyedia layanan Cloud Storage bisa meningkatkan daya tampung datanya. Dan bagi para pengguna tentunya menjadi pilihan yang lebih baik dan efektif dengan menyesuaikan kapasitas Cloud Storage yang diperlukan.
  • Aksesibiltas, yaitu dengan adanya teknologi Cloud Storage siapapun bisa dengan mudah mengunduh, membuka atau melakukan editing terhadap data yang telah tersimpan kapanpun dan dimanapun selama perangkat anda masih terkoneksi internet. Hal ini menjadi opsi yang sangat penting bagi para pengguna layanan Cloud Storage terutama bagi perusahaan yang membutuhkan bisa mengakses data yang diperlukan dengan lebih mudah dan cepat.
  • Keamanan yaitu data yang tersimpan di Cloud Storage dapat terjaga keamanannya. Tidak hanya itu dengan menyimpan data digitalnya pada Cloud Storage akan mengurangi resiko kehilangan data jika terjadi masalah pada perangkat elektronik. Kejadian hilangnya data akibat kerusakan perangkat seperti komputer, laptop atau gadget lain pun bisa teratasi dengan adanya teknologi penyimpanan tersebut.

Contoh dari Cloud Storage adalah Cloud Storage Music atau Cloud Storage Gambar.

 

C. KAPASITAS DAN KARAKTERISTIK DIGITAL STORAGE

1. Floppy Disk

26apr109245v3v

Floppy Disk Drive yaitu suatu perangkat yang ada di dalam komputer sebagai aksesoris dan pelengkap yang dapat menyimpan data di dalam disket dengan kapasitas rendah. Selain dapat menyimpan data di dalam disket, floppy disk juga dapat untuk booting computer. Di dalam computer terdapat maximal dua floppy disk yaitu floppy “A” dan floppy “B” tetapi biasanya yang terpasang hanya floppy “A “ saja karena kegunaannya sangatlah terbatas.

Bagian-bagian dari disket adalah :

  • Stress relief cutouts, berfungsi untuk membuka/tutup pengait drive.
  • Read/Write Windows, merupakan jendela yang digunakan untuk membaca dan menulis dari mekanisme drive.
  • Hub ring, berfungsi sebagai pegangan untuk memutar disket.
  • Index Hole, apabila lubang yag ada pada karton/cover menumpuk dengan lubang pada disket, menandakan posisi sector 0.
  • Write, lubang ini apabila dalam posisi terbuka, maka disket bisa dibaca dan ditulis; Apabila tertutup maka disket hanya bisa dibaca saja.
  • Label, digunakan untuk menulis nama pemilik disket ataupun nama program/data yang tersimpan didalamnya

2. Flash Disk

usb-w

Flash Disk adalah piranti penyimpan dari floppy drive jenis lain dengan menggunakan kabel interface jenis USB (Universal Serial Bus). Flash drive ini bisa dibaca dan ditulis, sangat praktis dan ringan dengan ukuran berkisar 50 x 15 x 6 mm. Bahkan untuk saat ini, ukurannya semakin kecil dengan kapasitas yang jauh lebih besar, hingga mencapai 1 TB.

Untuk penyimpan data biasa, sumber tenaga diambil langsung melalui USB yang dikoneksi ke PC, secara otomatis di layar monitor akan menyala dan dan menampilkan pesan pada layar yang memberitahukan bahwa koneksi sedang berlangsung antara flash drive dengan PC.

USB flash drive memiliki banyak kelebihan dibandingkan alat penyimpanan data lainnya, khususnya disket. Alat ini lebih cepat, kecil, dengan kapasitas lebih besar, serta lebih dapat diandalkan (karena tidak memiliki bagian yang bergerak).

3. Hard Disk

fix-hard-disk-errors-image

Biasa disebut juga dengan cakram keras berbentuk piringan hitam terbuat dari alumunium dan dilapisi bahan magnetic. Hard disk sudah menjadi komponen utama dari PC untuk sistem operasi. Komponen-komponen bagian hard disk terdiri dari sebuah jarum untuk membaca data di cakram. Mempunyai kapasitas yang jauh lebih besar dari floppy disk. Kecepatan putarannya bervariasi, ada yang 5400 putaran per menit bahkan ada yang sampai 7200 putaran per menit. Kemampuan sebuah hardisk biasanya ditentukan oleh banyaknya data yang bisa disimpan. Besarnya bervariasi, mulai dari puluhan GB hingga 2 TB. 1 TB sama dengan 1000 GB, 1 GBsama dengan 1000 MB, sedangkan 1 MB sama dengan 1000 KB

Spesifikasi Kinerja Hard Disk:

Kecepatan Putar dari Platter (piringan), mempunyai penggerak 5400,7200, 10000 sampai 15000 Rpm, sehingga semakin besar kapasitas penggeraknya semakin cepat platter dari suatu hard disk berputar akan semakin baik dan cepat dalam proses baca dan tulis (simpan)data.

Kecepatan Waktu (seek time), adalah waktu yang dibutuhkan dalam satuan millisecond oleh hard disk untuk memindahkan head-nya dari sebuah track ke track berikutnya dan memindahkan head-nya darisebuah track terluar ke track terdalam untuk membandingkan perpindahan head dalam hard disk.

4. Optical Disk (Disk Optik)

Media optik yang ada saat ini adalah berbentuk CD (CompactDisk). CD terbuat dari plat alumunium yang dapat dilapisi dengan bahan – bahan chrome yang mengkilat dan tidak menggunakan bahan magnetic melainkan bahan yang dapat memantulkan cahaya. Diameter sebuah CD adalah 4,7 inci (12 cm) dan ketebalannya 0,047 inci. Sebuah compact disk dapat menyimpan data hingga 600-700MB.

Jenis – Jenis Compact Disk (CD):

a. CD ROM

linuxcd

CD ROM adalah salah satu versi CD yang bersifat read only dan mempunyai kapasitas rekamnya antara 650 Mb sampai 700Mb. CD ROM merupakan media penyimpanan yang removable dengan harga murah, mudah didapat dan bersifat multiguna (untuk data, audio atau video). Informasi disimpan dalam bentuk biner, maka cocok untuk digunakan sebagai medium dalam sistem komputer.

b. CD-R

cdr

CD – R adalah standar untuk format CD yang recordable atau CD yang nantinya hanya dapat digunakan sekali pakai saja untuk merekam data, audio atau video. Bersifat permanen, jadi data tidak dapat dihapus. Tipe CD ini baru dikembangkan pada akhir tahun 1990-an. Suatu track spiral diimplementasikan pada disk untuk membakar pit menjadi dye organik pada track.

c. CD-RW

compact-disc-483902_640

CD – RW adalah standar untuk format CD yang ReWritable. Artinya dapat digunakan secara berulang – ulang. CD – RW cocok bila digunakan sebagai backup data, misalnya menghapus file atau data yang lama dan menggantinya dengan file atau data yang baru. Karena dapat dipakai berulang kali maka CD ini dikenal paling fleksibel. Walaupun dapat dipakai berulang kali, tetapi untuk idealnya sebaiknya dibatasi. Batasantersebut mencapai 1000 kali.

d. DVD

DVD

DVD atau Digital Versatile Disk adalah disk media optik yang mampu menyimpan data digital dalam jumlah yang besar termasuk jenis multimedia, seperti musik dan film yang berdurasi panjang dengan kualitas gambar dan suara sangat bagus. Standard DVD pertama didefinisikan pada tahun 1996 oleh suatu konsorsium perusahaan. Tujuannya adalah agar dapat menyimpan suatu full length movie pada satu sisi disk DVD. Ukuran fisiknya sama dengan ukuran CD, memiliki ketebalan 1,2 mm dan berdiameter 120 mm. Kapasitas penyimpanannya 4,7 gigabyte.

5. Memory Card

memory-card-250x250

Memory Card atau kartu memori merupakan sebuah alat (card)yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data digital (seperti gambar, audio dan video) pada sebuah gadget seperti kamera digital, PDA dan Handphone. Ukuran dari karu memori ini bermacam-macam mulai dari 128 MB sampai 16 GB.

Ada beberapa jenis memory card, yaitu :

  1. Memory Stick
  2. Multimedia Card (MMC)
  3. SD Card

 

 

 

REFERENSI:

http://dthey46.blogspot.co.id/2012/12/jenis-media-penyimpanan.html

http://arifdba.blogspot.co.id/2013/07/storage-device-dan-contohnya.html

http://riniameliapti.blogspot.co.id/2013/10/storage-device.html https://www.maxmanroe.com/cloud-storage-teknologi-penyimpanan-digital-masa-kini-2.html

This entry was written by meiga.kencana.p , posted on Sunday March 20 2016at 01:03 pm , filed under Uncategorized . Bookmark the permalink . Post a comment below or leave a trackback: Trackback URL.

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>